Dekan Fakultas Humaniora UIN Malang: Setelah Duta Humaniora Terpilih, What’s Next?

Ibu Dekan, Dr. Hj. Syafiyah, MA. dalam sambutannya via Zoom, Sabtu (31/10/2020). (foto: Farhan Atoillah/DEMA Humaniora)

Pewarta: Farhan Atoillah

DEMAHUAMIORA, MALANG—Dalam kegiatan pemilihan Duta Huamaniora yang dilaksanakan oleh DEMA Fakultas Humaniora, UIN Maulana malik Ibrahim Malang, Dr. Hj. Syafiyah, MA. selaku Dekan menyampaikan beberapa harapan kepada Duta terpilih. Berikut harapan-harapan yang disampaikan dalam sambutannya.

“Ini pertanyaan selanjutnya yang tidak kalah penting, apa tugas yang harus diemban seorang Duta? Karena duta itu perwakilan yang mengenban tugas khusus. Saya rasa, pertanyaan seperti ini harus menjadi perhatian yang selanjutnya,” ungkapnya, Sabtu (31/10/20).

“Proses pemilihan ini hanyalah langkah awal untuk memulai tugas sebagai seorang Duta. Oleh karena itu, tugas ini juga harus dirumuskan. Misalnya, selama satu tahun ke depan, seorang duta yang terpilih diberi tugas untuk mempromosikan fakultas dengan unjuk prestasi dan memotivasi yang lain untuk berpresasi juga. Sehingga bersam-sama mengangkat nama baik dan mempromosikan fakultas melalui prestasi yang diukir,” sambungnya.

Ibu Dekan juga menyampaikan  bahwa setalah menjadi duta, perlu untuk semakin aktif dan maksimal dalam mengembangkan potensi diri dan mempersiapkan untuk ajang duta yang lebih luas.

“Pasca menjadi duta harus semakin aktif dan maksimal dalam mengembangkan diri, menyiapkan diri untuk mengikuti kontes duta dalam skala yang lebih luas. Selama ini kita sudah beberapa kali memenangi kompetisi Duta Bahasa tingkat Jawa Timur, bahkan sempat pernah beberapa yang lalu perwakilan mahasiswa fakultas Huamiora menjadi duta tingkat Nasional,” papar Beliau.

Selanjutnya, beliau berharap agar tugas seorang duta terstruktur dan terkontrol. Sehingga pemilihan duta bisa dijadikan kegiatan rutin tahunan DEMA fakultas Humaniora.

“Saya rasa ajang seperti ini bisa dipersiapkan untuk mengkader, kira-kira nantinya siapa yang siap untuk mengikuti kontes duta dalam skala yang lebih luas. Jadi prinsipnya tidak berhenti hanya sampai di fakultas. Silahkan dipromosikan tugas-tugasnya agar lebih terstruktur dan terkontrol. Jika ini bisa dilakukan, maka kegiatan pemilihan duta ini menjadi sangat penting dan layak dijadikan kegiatan rutin tahunan Dema,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *